Sunday 17 April 2016

Tweak 0211 (Support zRAM and Swap)

Assalamualaikum, selamat datang di UA! Unyil Android, kali ini Admin posting tentang Tweak 0211, Admin sebut Tweak ini sebagai Tweak 0211 "Revolution" mengapa? Sebenarnya Tweak ini adalah lanjutan dari Tweak 0211 Game Mode yang berakhir di Versi 11.2.2 untuk zRAM dan V8 untuk Swap RAM. Dan karena di postingan Tweak 0211 GM sudah penuh dan Admin banyak melakukan perubahan pada Tweak 0211 Game Mode, Admin berpikir untuk membuat Revolusi nya yakni Tweak 0211 Revolution. Tweak ini memilik karakter "R" di belakang Versinya dengan arti "Revolution" itu sendiri.

Admin tekankan untuk baca dengan teliti, untuk menghindari segala hal yang tak diinginkan. Sekali lagi Admin tekankan baca dengan teliti!



Oke lanjut saja yap, seperti biasa syarat untuk menggunakan Tweak ini adalah
- HH Sudah ke Root
- Ke Install Busybox (yang belum keinstall cari di google gimana caranya, next time Admin masukin tutor install Busybox)
-Support init.d (Jika belum, download Universal init.d di playstore atau bisa di Google dan XDA, ikuti cara mengaktifkannya)
- HH terpasang CWM/TWRP (Custom Recovery)
- Memilik Terminal Emulator (Download dari Playstore)
- Root Explorer (Optional)

Tweak 0211 ini terbagi menjadi 2 Versi yang berbeda (Sama seperti Tweak 0211 Game Mode)
- Untuk V..1 Tweak ini dikhususkan untuk HH yang support Swap RAM (Khususnya membuat Swap file di partisi /cache). Admin menyarankan untuk cek kapasitas partisi /cache kalian dengan cara download aplikasi Storage Partition, lalu buka aplikasinya buka slide menu di kiri dan pilih All Partition kemudian cari /cache dan lihat kapasitasnya. Cek ini bertujuan agar kalian dapat mendownload Tweak 0211 Swap RAM sesuai dengan kapasitas partisi /cache kalian



- Untuk V..2 Tweak ini dikhususkan untuk HH yang support zRAM
- Untuk Cek support Swap RAM caranya download aplikasi Memoryinfo & Swapfile Check, jika sudah di download tinggal klik "START RAMEXPANDER HERE" di dalam aplikasi tersebut dan tunggu hasilnya
- Untuk Cek support zRAM, buka aplikasi Root Explorer (atau aplikasi yang dapat membuka Dir Root, Admin sarankan menggunakan Root Explorer) lalu masuk ke Dir /dev/block/ dan cari file zram0 jika ada berarti HH kalian Support zRAM

Download file (untuk HH yang support Swap RAM) di bawah ini
- V6.1.1R 32
- V6.1.1R 64
- V6.1.1R 96
- V6.1.1R 128
- V6.1.1R 160
- V6.1.1R 192

Download file (untuk HH yang support zRAM dan yang tidak support Swap RAM maupun zRAM) di bawah ini
- V6.2.1R

Download file Uninstallernya
- Uninstaller

Flash Tweak 0211 via CWM/TWRP (Custom Recovery)

Untuk zRAM dan Swap RAM otomatis aktif di HH kalian ketika sudah menginstall Tweak ini, cara mengeceknya ketik free di Terminal Emulator lalu lihat pada kolom Swap, jika berhasil angkanya tidak akan 0. zRAM Admin tekankan script nya untuk membuat kapasitas zRAM menjadi 512mb, hanya beberapa ROM saja yang bisa sampai 512mb, jangan protes jika hasilnya tidak sama

Untuk Tweak 0211 nya Akan mati ketika HH reboot atau di matikan. Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan Tweak 0211 dengan cara
- Buka Terminal Emulator
- Ketik 0211tr
- Di dalam Tweak 0211 terdapat beberapa pilihan, 0211Perf untuk Performa tinggi, 0211EcoE untuk memaksa HH mengurangi aktifitasnya (Save Battery), dan 0211Normal untuk mengembalikan settingan System (Default)
- Jika sudah memilih tipe Tweak, close saja Terminal Emulator nya


Samsung Galaxy SIII Mini CM12 Lollipop




Samsung Galaxy Young S6310 Custom Kernel


Catatan
- UA! Unyil Android tidak menjamin Tweak 0211 akan membuat HH kalian lancar 100%, setidaknya 30-80% kemungkinan yang pasti
- Bisa pada semua HH, jadi jangan bertanya lagi HH kalian support atau tidak tinggal menentukan support zRAM atau Swap
- Jika tidak support zRAM maupun Swap gunakan saja yang Versi .2, Tweak nya dapat membantu HH kalian meskipun tanpa zRAM ataupun Swap
- Tweak ini akan beradu jika disandingkan dengan Tweak yang lain, jadi pilihlah Tweak yang akan kamu pakai, jika menggunakan Tweak ini usahakan jangan menggunakan Tweak yang support zRAM atau Swap
- Jika Not Found, Install Busybox terlebih dahulu dan aktifkan init.d kalian menggunakan aplikasi yang ada di playstore (ex. Universal Init.d)
- Flash Uninstaller nya jika ingin menghapus Tweak ini, jika terjadi kesalahan download lalu flash uninstallernya lewat CWM/TWRP (Custom Recovery)
- Lapor jika terjadi kesalahan atau error (Bug) pada Tweak ini, bisa dari mengomentari Post ini, atau bisa melalui Line (ID Line 0211unyilpro). Maaf bila Admin tidak Fast Respond mungkin sedang sibuk dengan hal yang lain

Jejak Versi
- V1R, Pertama kali Rilis, banyak perubahan yang ada pada Tweak ini dari Tweak 0211 Game Mode baik dari Tampilan maupun Performanya. V1.1.1 dan V1.2.1 menghilangkan beberapa Bug yang ada
- V2R, Menghilangkan Bug lowmemorykiller path yang tidak bisa readable (dibaca) menjadi readable dan writable. Bug ini ditemukan di OS CM12.1 Lollipop 5.1.1 di HH Admin
- V4R, Admin meminta maaf bila terjadi ketidaknyamanan setelah menggunakan Tweak V4.1R dan V4.2R karena terjadi kesalahan. Untuk itu Admin mengeluarkan Tweak dengan versi baru yakni V4.1.1R dan V4.2.1R yang telah diperbaharui untuk menutup bug yang ada pada Tweak V4.2R dan V4.1R
V6R, Penambahan fungsi fstrim pada mode 0211perf , untuk pengertian fstrim kalian bisa cari di Internet. Sekarang rilis V6.1.1R dan V6.2.1R dengan peningkatan Zipalign
-Untuk Rilis Terbaru, setiap versi terbaru yang keluar dari Tweak ini akan berbeda postingan, dan bisa jadi ada kemungkinan perubahan cara penggunaan dari Tweak ini, jadi Stay Up To Date Users

Untuk sekarang Tweak terbaru adalah Tweak 0211 V8R

Tidak ada yang Sempurna, sama seperti Tweak yang Admin buat ini, jika masih terdapat kekurangan maafkan UA! Unyil Android, dan selalu ingat

Do With Your Own Risk

Thanks All

63 comments:

  1. cara uninstaller nya gmana gan?

    ReplyDelete
  2. Gan jika di hh ane support keduanya.. Hh ane udh swap cache/ram sebesar 255MB.. Jika ane pakai 0211game v2 zram akan bentrok ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake zRAM aja gan lebih baik, kalau bisa hapus yang swap di Cache nya bentrok

      Delete
  3. Gan untuk andromax c2 tweak yg mana ? Dan apakah ukuran zip nya 0,69 mb ?

    ReplyDelete
  4. Gan kok masih mental !!
    Gmana ni !!

    ReplyDelete
  5. Bikin error hh ni gan ancut ancurr ancurrr

    ReplyDelete
  6. gan di-HH ane ada zram sama swap ram,kalo pengen tweak,pilih yg mana?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Masgan.. utk andromax G cusrom MIUI gak support swap & zram.. tp ane coba pke V4.2R, ane jalanin mode "0211perf " kok malah lag ya buat maen game.. tp ane restart coba pke "0211normal" default system kok lancar yaa.. apa emk begitu?? tolong pencerahan nya masgan.. Thx

    ReplyDelete
  9. Maaf semuanya,ada kesalahan sekarang saya perbaiki

    ReplyDelete
  10. Pertama masukin 0211tr "Welcome User bla bla" sih lancar gan tapi pas masukin 0211Perf bawahnya ada tulisan Exiting tweak trus gan ??
    Kenapa tuh ??

    ReplyDelete
  11. gan.. ko di ane dibawah tulisan youre using twek tuu ada tulisan system/bin cant open/sys/module/lowmemorykiller trus Permisiion denied.. pdhal ane uda install busybox juga.. apa gara" ane nginstall busy boxnya di system/xbin ya gan? pdhal uda grant SuperSU semua.. dan ane coba masukin yg performance tuu masuk ada tulisannya aktif tweaknya, tp kyaknya kalo ane rasaen ga berpengaruh deh gan, mungkin gara" Permision denied tadi kali ya? thank you gaan.. ane tunggu balesannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cba pake busybox yg dri playstore gan, terus ROM nya Lollipop bukan gan?

      Delete
  12. Thankz... buat admin ane pake samsung fame stok room 100%whork.

    ReplyDelete
  13. Thankz... buat admin ane pake samsung fame stok room 100%whork.

    ReplyDelete
  14. Thankz... buat admin ane pake samsung fame stok room 100%whork.

    ReplyDelete
  15. gan mau tanya, saya kan pake tweak 4.2R tapi mau ganti yang 4.2.1R yang terbaru, itu gimana caranya ? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal flash biasa gan langsung keupdate

      Delete
  16. maksudnya langsung instal tweaknya via CWM ya, gk prlu d uninstal

    ReplyDelete
  17. gan ane pke galaxy fame .. udh diinstal tweak v11.2.2 ny trus gmn lg? mohon dijawab gan .. sblmny trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung flash aja gan Tweak V4.2.1 otomatis Update

      Delete
  18. Gan kalo suport kduanya zram sama swap ram donlot yg mana?? ,, trus kalo dah di aktifin di trmnal emu ,, kalo di close window bakalan aktif atau ga atau cuma di tutup biasa biarin trmnal emunu running??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang zRAM aja gan, di close jg ttp aktif da

      Delete
  19. Thx min.. :-D td'a fc mulu maen dungeon link d'ac3. Semenjak pake tweak 4.2.1r dalam mode perf jadi lanjay bgt..
    Btw d'tunggu updatean'a.. :-D

    ReplyDelete
  20. Gan ane pke tweak yg v4.2.1r hh max c3 stockrom.. Cm mw tanya kok zram swapny bkn 512mb ya .. Cm 196mb.. Mhon pncerahannya.. Sblmny pke yg lma jg sma gan.. Tp efekny sih lanjay cmn pnsaran sy,, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga semua ROM bisa sampai 512 mb gan, saya bilang ROM yah bukan HH nya

      Delete
  21. Agan adminn,kok lu bisa tau kek bginian sik :v, ngambil dri sumber /tau secara ngoprek ?? Respon yak minnn :v, anr skedar hanya ingin tau lohh :v

    ReplyDelete
  22. Gan kalo mode performa ngaruh ke baterai gak gan?

    ReplyDelete
  23. hai gan, saya sudah sms sih tapi belom ada respon, jadi saya ulangi pertanyaan saya ya

    kondisi: saya pake andromax c3 versi 4.4.4 dan karena saya ingin update 4.4.5 akhirnya saya restore ke versi 4.4.2 karena di 4.4.4 saya banyak bloatware yang saya delete. tapi ternyata tetep aborted, tapi gak masalah deh, sudah puas saya nyoba tapi gagal terus, dan gak pengen ke 4.4.5

    masalahnya
    1. waktu saya pake 4.4.4 saya pernah sms agan dan saya waktu itu pake zram 512 dan di emulatornya sudah work 512mb (agan juga sudah mengatakan itu)

    2. waktu saya restore, otomatis settingan zram saya ilang juga, karena saya cek init.d nya juga lenyap hehehe.. nah saya siapin tuh bahannya dari donlod emulator, init.d togler, busybox dari playstore, langsung saya cek free
    ternyata ada info swap 196mb

    pertanyaan saya:
    apakah sebenernya tanpa instal tweak HP saya sudah bisa jalanin swap memori 196mb?
    kalau TIDAK, apakah itu hanya informasi saja kalao HP saya bisa swap sampe 196mb?

    jika iya, pertanyaan saya lagi, apakah dengan pake tweak 0211, untuk mengaktifkan kemampuan HP saya untuk swap 196mb itu?

    2. akhirnya saya instal lagi zram 512mb beserta scriptnya, tapi ternyata tidak ada keterangan zram 512 itu berhasil seperti waktu saya laporan ke agan via SMS
    yang muncul di emulatornya cuma swap 196mb saja

    pertanyaan saya: kenapa dulu bisa aktif? tapi kenapa sekarang tidak bisa ya gan?

    untuk respon dan jawabannya saya mengucapkan terimakasih

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya ga semua ROM bisa di pasang sampai 512mb, Stock ROM C3 cuma bisa sampai 196 mb, tapi kalau di deodex waktu itu saya nyampe 1 GB juga

      Delete
  24. Yang masih bertanya "HH saya ini gan, Support ga sama Tweak buatan gan Unyil?" maaf dan tolong dibaca dengan baik baik Tweak saya Bisa Pada Semua HH, jadi tidak perlu ditanyakan Bisa atau Ngga, tinggal pastikan saja HH nya bisa zRAM atau Swap RAM kalau ga bisa keduanya berarti pakai yang V..2R aja

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. Klo HH Yang Hanya Support Zram Download Yang Man Nih Gan? Masi Ragu

    ReplyDelete
  26. Gan klo lagi jalanin mode performa ada tulisan
    Fiture not suported code error=7
    Itu kenapa ya ??

    ReplyDelete
  27. cara download file nya gimana min

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Maaf untuk Nomor Telepon Admin sudah di Hide dikarenakan ada yang menyalahgunakan nomor saya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang bisa gak, kita pake zram yang satu 1gb yang dari tutorial akang terus pake tweak ini ? apakah bakalan tubrukan ?

      Delete
  30. Bang kok kalo HH nya reboot, settingan yg udah gw atur cnth : 1.) 0211 perf jadi gk ke sett , supaya permanen settingan nya gimana om ?

    ReplyDelete
  31. Mas klo make swap data sama swap zram bakalan bentrok gak ya ?? .

    ReplyDelete
  32. Keren gan tweak nya maen asphalt 8 sebelumnya FC mulu pas pasang nih tweak udah lumayan walau masih rada lag siip dah

    ReplyDelete
  33. Bro,cara buat tulisan seperti script gt gmn yak

    ReplyDelete
  34. untuk yg zRam yg mana sih donlodnya...? bingung xD

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Tweak ini support buat CyanogenOS 12.1 gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, untuk zramnya mah asal OSnya support zram itu bisa

      Delete
  37. Gan, gmn cara instalasi tanpa cwm apa isinya kl lngsng di pindah k init.d bisa soalnya blm ada cwm Gan tpi udh support zram

    ReplyDelete
  38. Gan, gmn cara instalasi tanpa cwm apa isinya kl lngsng di pindah k init.d bisa soalnya blm ada cwm Gan tpi udh support zram

    ReplyDelete
  39. Gan, gmn cara instalasi tanpa cwm apa isinya kl lngsng di pindah k init.d bisa soalnya blm ada cwm Gan tpi udh support zram

    ReplyDelete
  40. Njeng,,,tweak nya bagus banget
    Thanks master

    ReplyDelete
  41. gan saya mau download script zram tapi tidak bisa di download,,, pertanyaannya adalah apakah scrip di UA unyil sama dengan script di blog lain jawab

    ReplyDelete
  42. Kok swap ane jadi kosong yah? Fast respon tq.

    ReplyDelete
  43. Mas Tweak biar main game no fc yg mna y?

    ReplyDelete